IMEC 2010

Jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS

IMEC (Innovative Materials Engineering Competition) 2010 bertema "Inovasi dan Rekayasa Bahan sebagai Teknologi yang Aplikatif " merupakan gebrakan yang lebih sempurna oleh Departemen Riset dan Teknologi HMMT FTI-ITS periode 2009/2010.

Kegiatan IMEC-2010 ini bertujuan untuk :

1. Memupuk sikap ilmiah pada siswa yaitu jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
2. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
3. Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip-prinsip IPA untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
4. Menguasai konsep dan prinsip IPA serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan ini mencakup beberapa hal :
1. Tim peserta menyerahkan produk beserta deskripsi produk*.(format terlampir)
2. Produk yang diserahkan merepresentasikan pengembangan Teknologi Sederhana. yang didasarkan tingkat kemampuan siswa SMU/MA/SMK dengan dasar-dasar keilmuan dari pelajaran IPA yang telah diperoleh disekolah**. Teknologi sederhana ini dapat berupa teknologi penemuan baru (original) maupun berupa subsitusi teknologi yang telah ada. Penemuan baru adalah misalnya pembuatan isolator panas untuk minuman dari busa enceng gondok yang dikeringkan, sedangkan subsitusi misalnya pegangan panci dari akar bambu sebagai pengganti plastik yang cepat meleleh akibat panas.
3. Pemilihan material dalam aplikasi teknologi sederhana ini didasarkan pada ketersediaan material yang dapat diperoleh di lingkungan sekitar sekolah atau rumah siswa. Material dapat berupa bahan organik(serat alam) seperti sekam, enceng gondok, kelapa (batok, serutan gergajian) dll, maupun bahan anorganik seperti: kapur gamping, arang-karbon, kayu, limbah plastik, kaleng minuman, botol air mineral. Material tambahan seperti lem, kawat pengikat, bahan las/solder, cat, dll dapat digunakan namun seminimal mungkin.
4. Bentuk dan ukuran produk tidak dibatasi.
5. Produk yang dihasilkan memenuhi kriteria bermanfaat (aplikatif untuk sehari-hari, kesehatan, keamanan, kenyamanan).

Produk material inovatif ditentukan oleh:
1. Pengembangan teknologi aplikasi, originalitas, kreativitas, inovasi dan kualitas subsitusi       material
2. Kesesuaian pemilihan material untuk aplikasi teknologi sederhana. 
3. Kesesuaian aplikasi teknologi dengan konsep-konsep keilmuan (dasar-dasar IPA)
4. Kesesuaian dengan tema
5. Performa persentasi karya
6. Nilai ekonomi dan ramah lingkungan
 
PESERTA  
Peserta berupa kelompok (maksimal 3 orang) yang merupakan siswa SMU/MA/SMK Negeri/Swasta kelas 1-2 se-Indonesia 

Dewan Juri :
Dewan juri IMEC 2010 adalah para pakar dalam bidangnya diantaranya professor ahli korosi dan komposit, pakar material optik, komposit, dan analisa kegagalan material dari berbagai perguruan tinggi di eropa, asia.

Tim Pengarah :
1. Sigit Tri Wicaksono, S.Si
2. Widiyastuti, S.Si, M.Sc
3. Rindang Fajarin, S.Si, M.Sc
4. Dicky Zulfikar M.
5. Aryo Cahyo Tranggono
6. Moh. Rizal Ibrahim

Konfirmasi lebih lanjut ke email : imec_material@yahoo.com
 

0 komentar: